Osteoporosis dan Latihan Fisik

Dikarenakan angka morbiditas yang terkait patah tulang disebabkan osteoporosis begitu tinggi, upaya langkah-langkah preventif merupakan prioritas utama dalam menguranginya. Pendeteksian secara dini dengan melakukan pemeriksaan massa densitas tulang merupakan satu hal yang penting karena dengan pendeteksian dini kelompok resiko tinggi atau orang yang terkena osteoporosis dapat diketahui. Osteoporosis merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan berkurangnya massa tulang dan adanya kelainan mikroarsitektur jaringan tulang yang berakibat meningkatnya kerapuhan tulang yang mengakibatkan resiko terjadinya patah pada tulang sangat tinggi. Selain itu, osteoporosis juga dapat mengakibatkan nyeri pada tulang yang dirasakan secara merata dan perubahan bentuk tulang (deformitas).
Dalam upaya preventif atau pencegahan, selain pengkonsumsian makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D3 aktif , pencegahan osteoporosis dapat juga dilakukan dengan melakukan latihan fisik. Latihan fisik merupakan langkah pencegahan yang terbaik dan paling murah pada osteoporosis. Latihan fisik pada penderita osteoporosis ini bersifat spesifik yang berprinsip pada latihan pembebanan dan tarikan (stretching) pada anggota gerak. Latihan fisik seperti jalan, jogging, renang dan bersepeda sangat bermanfaat dalam pencegahan osteoporosis.
Aktifitas jalan sangat bermanfaat dalam pencegahan ostoporosis, karena berjalan merupakan kombinasi gerakan seluruh tubuh yang menimbulkan rangsangan mekanik pada vertebra dan tulang-tulang anggota gerak bawah dan kontraksi intermittent otot-otot tulang belakang. Aktifitas bersepeda merupakan latihan kekuatan otot-otot tungkai yang berkontraksi secara simultan yang akan menstimulasi pembentukan tulang dan mengurangi resorpsi pada tulang. Aktifitas berenang dapat melatih otot-otot punggung, otot-otot anggota gerak atas dan bawah sehingga akan membentuk massa otot yang berguna untuk menyokong daya ketahanan tulang dalam melakukan aktifitas.
Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, latihan fisik harus dilakukan dengan frekuensi yang teratur untuk menjaga densitas tulang dan menguatkan otot. Latihan fisik yang dilakukan diusahakan seoptimal mungkin bersifat dinamik (isotonis) dan berulang, dikarenakan dengan latihan yang bersifat dinamik (isotonis) dapat terhindar dari pengaruh meningkatnya tekanan darah dan denyut jantung yang akan terjadi bilamana dilakukan secara statik (isometrik).
Dalam melakukan setiap latihan hal yang perlu diperhatikan adalah latihan fisik yang dilakukan jangan berlebihan atau terlalu berat dikarenakan latihan fisik yang berlebihan dapat memicu peningkatan kehilangan massa tulang. Selain itu setiap orang dengan osteoporosis harus waspada dalam penggunaan tenaga yang berlebihan ataupun gerak yang tidak dikontrol, seperti membuka jendela yang keras, mengangkat barang berat dalam posisi bungkuk ke depan. Maka itu harus diajarkan jongkok dan berdiri perlahan dalam posisi tegak sewaktu mengangkat barang berat. Beban harus dekat dengan tubuh, untuk maksud memendekan lengan tuas sehingga akan mengurangi beban pada vertebra.
Untuk itu diharapkan dengan hidup yang aktif, latihan fisik yang rutin ditambah asupan kalsium yang cukup dan hindari faktor resiko, usaha pencegahan osteoporosis atau hidup nyaman dengan osteoporosis dapat tercapai.

2 Comments »

  1. Octaviany said,

    Hi…
    Mau tanya donk, mami ku terkena stroke, dan 2 thn yang lalu jatoh, dioperasi dan divonis osteoporosis..
    Apakah dengan melakukan fisioterapi akan membantu?
    Apakah mas edwin punya kenalan fisioterapist yang bisa datang ke rumah secara rutin? kira2 berapa tarifnya yah? Saya tinggal di daerah Jakarta Barat…
    Pls info nya.. dan terima kasih sebelumnya

    Thanks!
    Octa

    • Edwin said,

      sangat membantu sekali mba okta,strokenya karena apa mba klo boleh tau?kenalan or teman sih ad mba,sya sendiri fisioterapis,klo mslh tarif tergantung individu fisionya mba, kisaran 50 ampe 100,jakarta barat mana mba okta?klo ad yg mo dikonsultasiin bisa lwt email saya ke lennez_oddz@yahoo.com

      regard

      edwin


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: