February 11, 2009

Hamil pun Aman Berpuasa

Posted in Health at 2:35 am by Edwin

Sepanjang memperhatikan gizi dan tubuh Anda sehat, silakan saja berpuasa.

Sebenarnya, ibu hamil punya “dispensasi” untuk tidak menjalankan ibadah puasa selama Ramadan. Masalahnya, tidak sedikit ibu hamil yang berniat berpuasa karena merasa sanggup dan sayang melewati bulan yang penuh berkah ini.

Boleh puasa, asal…
Sebenarnya, yang dikhawatirkan dari ibu hamil yang berpuasa adalah kurang makan sehingga janin kekurangan gizi. Jadi, asal kondisi kehamilan Anda sehat dan Anda juga memperhatikan intake gizi saat sahur dan berbuka puasa, maka boleh-boleh saja berpuasa.
Kalau Anda menderita penyakit tekanan darah tinggi, diabetes melitus (DM), atau muntah-muntah berlebihan saat hamil, misalnya, jelas lebih baik Anda menunda keinginan untuk berpuasa. Bukankah menjalankan kehamilan juga merupakan ibadah?
Asal tahu saja, tekanan darah yang tinggi menyebabkan suplai darah ke jaringan terganggu, khususnya jaringan plasenta. Akibatnya, proses masuknya oksigen ke jaringan jadi terhambat dan memicu keluhan, seperti pusing, badan tidak sehat, dan nafsu makan menurun. Bila suplai darah ke plasenta terganggu, suplai oksigen dan makanan ke janin pun ikut-ikutan terganggu. Pada akhirnya, ya mengganggu pertumbuhan janin.
Satu hal yang harus diperhatikan adalah pertambahan berat badan, karena merupakan indikator tumbuh kembang janin. Sebagai patokan, kenaikan berat badan Anda yang normal hingga 20 minggu pertama kehamilan adalah sekitar 3,5 – 4 kg. Nah, 20 minggu berikutnya kira-kira 1/2 kg per minggu. Pada akhir kehamilan, kenaikan berat badan sekitar 12,5 – 14 kg.
Dari patokan di atas, aturan mainnya adalah: jangan berpuasa jika berat badan Anda turun drastis. Dikhawatirkan, ini bisa mempengaruhi perkembangan janin.

Ini kiatnya!
Sahur dan berbuka adalah waktu di mana Anda boleh makan dan minum sepuas-puasnya. Jadi, perhatikan makan Anda agar tetap bergizi seimbang dan dalam jumlah sesuai kebutuhan sebagai ibu hamil.
• Ketika sahur
Hindari makanan yang banyak mengandung karbohidrat sederhana (gula), karena akan merangsang produksi hormon insulin untuk membakar gula dalam darah. Akibatnya, kadar gula darah menurun, sehingga Anda lemas, tidak bertenaga, pusing, dan perut perih.
Lebih baik konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti nasi dan sayur. Sedangkan protein bisa didapat dari daging dan telur. Kedua zat gizi ini membuat Anda lebih lama kenyang.
Jangan lupa, konsumsi susu (sebagai sumber kalsium, protein dan vitamin) dan perbanyak buah-buahan segar.

• Saat berbuka puasa
Awali dengan makanan manis, seperti kolak, kurma, atau jus buah. Nabi Muhammad SAW menganjurkan umat Islam untuk mengonsumsi kurma, karena mengandung karbohidrat sederhana dalam jumlah tinggi. Selain mudah dicerna, juga mengandung cukup zat besi.
Setelah berpuasa selama 12 jam, kadar gula darah akan menurun. Nah, makanan seperti kurma bisa cepat meningkatkan kadar gula.
Ketika makan malam, lebih baik Anda mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Selain itu, konsumsi cairan juga harus cukup untuk menjaga volume darah, mengatur suhu tubuh, media mengangkut oksigen dan zat gizi, serta mencegah sembelit.

Laila Andaryani Hadis
Konsultasi ilmiah: dr. Pauline Endang, Sp.Gizi, Bagian Gizi, RS Fatmawati, Jakarta.

Kebutuhan Gizi Ibu Hamil

• Karbohidrat: penghasil kalori untuk beraktivitas dan sumber energi. Dibutuhkan sekitar 2400–2500 Kkal per hari. Roti, kentang, dan beras adalah sumber karbohidrat terbaik.
• Protein: untuk pembentukan jaringan tubuh janin maupun ibu. Dibutuhkan kira-kira 1,2–1,5 gram per kilogram berat badan per hari. Bisa didapat dari bahan makanan hewani dan nabati (kacang-kacangan, tempe, tahu).
• Vitamin: untuk mengatur metabolisme tubuh. Yang penting adalah vitamin A, C, B1, B2, B6, dan B12. Jadi, konsumsilah buah dan sayuran.
• Kalsium: untuk pembentukan tulang dan gigi janin. Susu adalah sumber kalsium yang oke.
• Zat besi: untuk mencegah anemia, selain juga diperlukan plasenta yang terdiri atas pembuluh darah. Hati, daging sapi dan seafood adalah sumber zat besi terbaik.
• Air: dibutuhkan sekitar 10-12 gelas per hari.

1 Comment »

  1. Mike said,

    Just passing by.Btw, you website have great content!

    _________________________________
    Making Money $150 An Hour


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: