September 16, 2009

Sakit Leher

Posted in Uncategorized at 12:09 am by Edwin

Pendahuluan

Sakit leher atau sakit pada bagian tungkuk  merupakan sakit yang banyak dialami oleh banyak orang. Sakit yang berupa nyeri pada bagian sekitar leher dan pundak ini dapat berasal dari berbagai macam sumber atau penyebab. Penyebab yang utama orang terkena sakit leher adalah  pengapuran, teruitama orang yang beranjak keusia tua dan  selain pengapuran penyebab lainnya adalah penjepitan saraf ataupun kesalahan posisi dalam menyikapi posisi leher yang benar.

Sakit leher yang dirasakan setiap orang dapat bermacam macam tergantung dari penyebab yang diderita. Hal ini berkaitan dengan penyebab  yang disebutkan diatas sebelumnya. Sakit yang menjarar ke lengan, sakit pegal, leher terasa kaku ataupun susah menggerakan leher merupakan macam macam manifestasi yang ditimbulkan. Selain itu keluhan yang sering dirasakan juga dapat berupa kebal atau baal pada bagian tangan, hal ini dirasakan bilamana pasien terdapat penjepitan saraf perifer yang mengenai level saraf dari bagian leher.

Pemerikasan penunjang sangat diperlukan untuk mengetahui factor penyebab sakit tersebut. Rontgen, MRI(Magnetic Reconance Imagine) ataupun Ultrasonograph merupakan macam alat pemerikassan penunjang yang diperlukan.

Rontgen digunakan untuk menggambarkan apakah adanya kelainan pada bagian tulang seperti pengapuran, penjepitan bantalan atau discus  ataupun pengeroposan tulang. MRI digunakan untuk menggambarkan letak atau meyakinkan penjepitan saraf atau penyempitan saraf, sedangkan USG digunakan untuk mengambarkan apakah adanya kelainan pada bagian otot-otot sekitar leher.

Gejala

Nyeri atau kaku pada leher atau tengkuk atau sekitar pundak atas.

  • Pusing atau sakit kepala
  • Nyeri yang dirasakan bisa terus menerus atau hilang timbul,
  • Baal pada jari jari tangan
  • Nyeri menjalar atau kesemutan ke daerah lengan sampai tangan
  • Rasa nyeri bisa pegal atau tajam (seperti ditusuk jarum) pada bagian leher atau pundak atas
  • Nyeri menggerakan lehar, seperti menunduk, menengok atau mengenadah

Anatomi  Leher

Anatomi leher terdiri dari susunan anatara otot-otot penggerak leher, ligament , 7 ruas tulang leher, bantalan tulang leher atau dikenal sebagai discus vertebralis dan 8 level susunan saraf pusat dan juga perifer. Semua susunan anatomi tersebut dapa t menjadi bagian dari penyebab sakit leher.

Setiap susunan tersebut mempunyai ciri –ciri tertentu dalam menghasilakan jenis nyeri yang dirasakan beserta manifestasi lainnya.

Dengan mengetahui anatomi leher ini kita dapat menebak atau  mendiagnosis penyebab utama dari sakit leher yang diderita dan tentu saja dikuatkan denga pemeriksaan penunjang yang

kita dapat, apakah berupa rontgen ataupun MRI

Peranan Fisioterapi

Seorang Fisioterapis mampu dapat mendiagnosis dan memberi terapi bagi penderita sakit leherdalam berbagai cara, tergantung penyebab dan sakitnya melalui metoda ;

  • Mobilisasi
  • Manipulasi
  • Elektroterapi
  • Latihan dan penguatan otot
  • Koreksi postur

Fisioterapi juga akan memberikan cara agar penderita sakit leher dapat menolong diri sendiri agar dapat meredakan sakit juga mengoreksi penyebabnya. Fisioterapis dapat juga memberikan saran—saran praktis dalam melakukan tugas dikantor atau rumah, menyesuaikan beban dan latihan yang diberikan tergantung dari kondisi penderita

Metoda Fisioterapi

Mobilisasi : perhatikan pola gerak dalam beraktifitas,kurangi pembebanan pada tulang punggung,terutama saat posisi duduk,berdiri,tidur maupun saat mengangkat beban berat.

Manipulasi : dengan latihan kelenturan serta penguatan otot punggung (stretching & strengthening)

Elektroterapi : dengan mempergunakan modalitas terapi Diathermy (pemanasan dalam), TENS (stimulasi syaraf), Ultrasound (gelombang suara) maupun Traksi (melebarkan jarak antar dua sendi punggung)

Koreksi Postur ; memperbaiki postur tubuh yang dapat menambah terjdinya nyeri pada leher

Hidroterapi : latihan kelenturan dan penguatan otot punggung dengan media air


About these ads

19 Comments »

  1. sun said,

    nice info,,,,
    saya sangat tergangu sekali dengan sakit leher saya ini , alternatif saya hanya dengan urut tradisional,, saya mau tanya apakah ada dampak lain juka saya hanya menggunkan jasa urut Tradisional,,???
    Terima Kasih,,,

  2. puspita wasita said,

    Sy sakit leher sampai ketangan kanan, setelah di rontgen, di emg, tdk terdapat syaraf kejepit.Diberi obat oleh dokter syaraf, sakit di tangan hilang, tinggal disekitar leher, datang timbul. Sd fisio terapi di rs . tapi masih sakit disekitar leher. Hrs bagaimana lagi nih krn sakit ini mengganggu saya tidur. Terima kasih

    • Edwin said,

      Rasa Skitnya gmn mba,pgel atau kya di tusuk jarum atau jarem??menengok gmn?

  3. by neni said,

    1. sy sakit di bgian leher sampe pundak,,setiap hari tulang leher sy bunyi dan rasanya skt bgt pa itu trmasuk pengapuran tlang?
    by neni

    • Edwin said,

      blm tentu bu,bisa aj terhadi,otot juga ad kemungkinannya…

  4. amsori said,

    leher saya tidak bisa digerakan untuk menoleh atau menunduk dan tengadah. kenapa?

    • Edwin said,

      Tgantng mas,biasanya kalo gerak hanya sbts otot aj

      • amsori said,

        sepertinya persendiannya menyatu. kepala agak menjulur kedepan. saya sudah mengkonsumsi glukosamin secara teratur. adakah obat lain atau cara pengobatan lain, juga saya fisioterapi selama 2 tahun tapi belum ada kemajuan. terima kasih.

      • Edwin said,

        Berarti bamboo spine atau AS diagnosanya kalo bdekatan ruasnya,fisioterapinya di apa aj?ad exercisenya tdk trus sdh pernah coba stretching blm?

  5. amsori said,

    saya tidak mengerti istilah pada alat2 fisioterapi. alat pertama dengan memaka seperti tongkat kecil kemudian diberi semacam jel pada tubuh. alat kedua dengan di aliri listrik pada semacam handuk kecil. (maaf kalau saya tidak mengerti alat yang digunakan pada fisioterpi).
    kalau saya stretching dengan memaksa tulang leher saya ditarik apakah dapat berbahaya? karena kalau saya paksa timbul suara sperti tulang patah pada persendian yang terlepas dan terasa sangat menyakitkan.

    • Edwin said,

      Ada hasil rontgennya?tlong dibacakan?

      • amsori said,

        belum pernah rontgen

      • Edwin said,

        Susah mas klo blm ad hsl rontgen nya,karena msh menerka dan blm bisa memperkirakan diagnosis yg tepat,saran saya cba rontgen dlu,nanti klo ud ad kbri sya,insya allah sy bantu..

  6. amsori said,

    saya belum sempat rongent, terus terang saya malas ke dokter. Karena dokter biasanya tertutup dan tidak bisa berkonsultasi mengenai apa dan bagaimana dengan penyakit saya.
    jadi tolong biasanya pengobatan penyakit ini bagaimana dan obatnya apa.?
    terima kasih

  7. Surya lina said,

    Sy sudah 3X Ini mngalami sakit leher sblah kanan,yg k 1&k 2 lher aja tp yg k3 rsnya smpe pndak&tangan,sdah coba trapi batu giok hsilnya lumayan bs tngok kanan kiri tp kadang masih brasa sakit ddalam nyeri ngilu smpe kbahu..baiknya gmana ya?

    • Edwin said,

      coba rontgen,dan ke fisioterapi,kemungkinan hanya ototnya saja kok itu

  8. firdaus said,

    sy mnglami skit lher yg ckup lm berkisar antr 1 th. awlny sy pusing d sluruh bag. kpla, sy sudh dtg k dkter sraf n pngobtan alterntif maupun pngobtn tradisional.nmun hingga saat ini msih sakit trutma d bag. lher blkang dn pundak.. dn sering kali pd saat bergrakkan bahu dn menggrkkan kpla.. trasa skit dn terdngar suara “krek”qr2apa pnybbny dn bgmn cr pngobtanny? saya mint tlong jwbanny, trma ksih

    . Firdaus Agus Rahman

  9. mattius wirawan said,

    Apa istilah medis pengapuran tulang ga ada ya?

    • Edwin said,

      Osteoathritis


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: