June 18, 2008

SEKILAS TENTANG KISTA, MIOMA DAN ENDOMETRIOSIS

Posted in Health at 1:31 am by Edwin

MIOMA
Mioma uteri adalah tumor jinak dari miometrium (otot rahim). Berdasarkan letaknya, mioma uteri bisa dibagi menjadi 3, yakni mioma intramural (di dalam otot rahim), subserosa (dibawah lapisan serous, menonjol ke arah rongga perut),serta juga submukosa (menonjol ke arah rongga rahim).
ENDOMETRIOSIS
Endometriosis adalah suatu keadaan dimana endometrium berada di luar tempat yang seharusnya, yaitu di dalam rongga rahim. Endometrium sendiri merupakan lapisan yang melapisi rongga rahim dan dikeluarkan secara siklik saat mens sebagai darah haid
KISTA
Sementara kista indung telur adalah suatu massa berisi cairan, bisa kental seperti gel (mukus), bisa juga cair (serous). Kista ini diproduksi oleh kelenjar-kelenjar yang ada di ovarium, yang tak bisa dikeluarkan. Akhirnya tertampung, dan makin lama makin besar.
PENYEBAB
Penyebab ketiga gangguan di atas sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti dan masih terus diteliti.
PENYEBAB MIOMA
Sebagian ahli berpendapat, mioma uteri terjadi karena adanya perangsangan hormon estrogen terhadap sel-sel yang ada di otot rahim. Mioma uteri ini akibat pengaruh estrogen. Makanya, sangat jarang ditemukan pada anak-anak usia pubertas, bahkan nyaris tidak pernah. Anak usia ini, kan, belum ada rangsangan estrogennya. Sementara pada wanita menopause, mioma biasanya mengecil, karena estrogen sudah berkurang.
PENYEBAB KISTA
Penyebab kista dan endometriosis pun belum diketahui persis . Belum ketahuan, misalnya apakah kista disebabkan oleh kelenjar yang tersumbat sehingga membesar.
PENYEBAB ENDOMETRIOSIS
Sementara salah satu penyebab endometriosis diduga adalah adanya muntahan sel-sel endometriosis keluar rongga rahim saat haid. Sel-sel edometriosis ini kemudian menempel di luar rongga rahim.
Ada juga yang menyebut endometriosis mengikuti aliran darah atau ikut aliran kelenjar limfa, sehingga bisa saja terjadi endometriosis di paru, mata, dan sebagainya. Ada lagi yang mengatakan endometriosis disebabkan oleh pencemaran lingkungan dan pola hidup tak sehat. Jadi, masih belum pasti sebabnya. Diagnosis pasti endometriosis biasanya diperoleh lewat pemeriksaan laparoskopi.
“Endometriosis bisa sedang bisa berat, tergantung jumlah, lokasi, dan gejalanya. Kalau berat, bisa muncul nyeri perut, bahkan sampai menyebabkaninfertilitas (kemandulan).”
PENGOBATAN dan PENCEGAHAN
Ketiga gangguan ini tentu bisa berdampak buruk, tergantung lokasi, ukuran, dan gejala yang ditimbulkan. Misalnya mioma. “Kalau tidak menimbulkan gejala, meski ukurannya besar, ya, enggak ada dampaknya. Endometriosis, meski sedikit, tapi kalau menyebabkan nyeri hebat setiap kali mens, tentu bisa mengganggu. Kista berukuran di atas 4 cm, misalnya, cenderung terpuntir. Jika terpuntir, ia akan kekurangan oksigen dan makanan, sehingga timbul nyeri yang sangat. Ini harus dioperasi. Untuk mengatasinya, upaya yang dilakukan sekarang lebih ke pencegahan. “Hidup sehat, pola makan dan pola hidup yang baik, lakukan check-up medis minimal setahun sekali untuk ibu-ibu atau wanita yang sudah pernah berhubungan seks. Dengan pemeriksaan teratur, gejala awal bisa terdeteksi lebih dini.
Pada waktu melakukan pap smear, sebaiknya sekalian dilakukan pemeriksaan ultrasonografi (USG) untuk melihat rahim dan indung telur. “Kalau tidak ada fasilitas USG, bisa dilakukan pemeriksaan dalam. Dilihat rahimnya bagaimana, besarnya normal apa enggak, bentuknya konsisten apa enggak, indung telur kanan dan kiri bagaimana, dan sebagainya. Kalau teraba ada massa, harus hati-hati.”Pengobatan endometriosis sendiri bisa dengan obat minum, suntik, atau operasi. Kalau endometriosis ringan, begitu hamil, biasanya endometriosisnya malah sembuh, karena endometriosis, kan, dikeluarkan selama haid. Selama tidak haid, ia biasanya mati/tidur.
“Jadi, sebetulnya obatnya adalah hamil.”
Oleh karena itu, pengobatan endometriosis biasanya dengan pengobatan pseudo-pregnancy atau pseudo menopause. “Dibuat seperti menopause atau hamil, sehingga endometriosisnya tidak tumbuh.”
WASPADAI PENYAKIT LAIN KANKER OVARIUM!
Hati-hati, selain kista, ada pula gangguan yang mirip kista, yakni kanker ovarium. “Waspada bila terdapat massa di dalam perut berbentuk seperti kista, dan dari pemeriksaan USG terlihat berpupil-pupil, pola pembuluh darahnya tersebar tidak beraturan. Biasanya diperiksa dengan umor marker. Kalau hasilnya tinggi, berarti bukan kista biasa. Kemungkinan besar kista endometriosis atau keganasan (kanker). Kanker ovarium merupakan silent kiler. “Diam-diam tanpa gejala, tapi mematikan. Berbeda dengan kanker leher rahim yang memiliki gejala seperti perdarahan, kanker ovarium tidak. Tidak ada gejala apa-apa, tahu-tahu sudah menyebarkesana kemari. Sulit diobati. Oleh sebab itu, pencegahan dininya adalah melakukan pemeriksaan teratur.”
KAPAN DIANGKAT?
Salah satu terapi mioma dan kista adalah dengan pengangkatan (operasi). Kapan mioma harus diangkat?
1. Bila ukurannya lebih besar dari ukuran kehamilan usia 12 minggu.
2. Bila mengganggu keadaan umum, misalnya perdarahannya banyak sampai perlu transfusi.
3. Bila pembesarannya cepat. Misalnya 3 bulan lalu masih 2 cm,sekarang sudah 6 Cm.
Kapan kista harus diangkat?
* Bila besarnya lebih dari 4 cm, karena di atas 4 cm, risiko untuk terpuntir besar. Besar kista di atas 4 cm bukan kista folikel. Kista folikel adalah kista yang pecah setiap menjelang masa subur. “Kalau besarnya di atas 4 cm, biasanya kista fungsional. Pada saat haid, biasanya tidak ada folikel. Begitu saat haid ada massa, berarti kista fungsional.Untuk meyakinkannya, dilakukan USG saat haid.
GEJALA
Bagaimana, sih, mengenali gejala endometriosis, kista, atau mioma? Berikut beberapa gejala yang hampir sama dan harus diwaspadai:
1. Nyeri haid hebat dan terus menerus.
2. Pembesaran di perut. Kadang-kadang, kalau masih kecil, belum teraba. Tapi, semakin besar, akan makin teraba seperti ada benjolan.
3. Muncul gejala-gejala penekanan akibat pembesaran kista/mioma. Misalnya, ke depan menekan kandung kencing, ke belakang ke rektum. Akibatnya, muncul gangguan buang air besar dan buang air kecil.
4. Pada mioma uteri, jika ukurannya besar, bisa menekan organ-organ sekitarnya.
5. Jika kista bertangkai, bisa muncul nyeri perut tiba-tiba, bahkan muntah-muntah akibat tangkai kista yang terpuntir.
6. Bisa juga membuat luas permukaan endometrium menjadi lebih tebal, sehingga haid jadi lebih banyak. “Ini karena kontraksi rahim berkurang atau terganggu, sehingga perdarahan saat mens lebih banyak.(UCI/WRM)

31 Comments »

  1. chacha said,

    saya mau tny ttg mium…
    Biasanya mium itu menyerang wanita pada umur beRapa ??
    Pada umur 18 th apaa bisa terSerang juga ??
    GejaLa mium apaa ??
    Mium termasuk penyakit bahaya tdk ??
    Bagaimana cara atasi mium ??
    Apaa itu juga bisa bkin manduL ??

  2. Edwin said,

    biasanya diusia produktif,merupak tumor jinak,tergantung menyerang semua ovariumnya atau tidak,

  3. transferfactoruntukwanita said,

    Hmm, bagus sekali artikel di blog nya, saya sedang menulis tentang pengobatan mioma, silahkan berkunjung ke blog saya ya..

    sonya

    http://transferfactoruntukwanita.wordpress.com/2009/03/01/pengobatan-mioma-dengan-transfer-factor/

  4. fitri said,

    kemungkinan yang lebih besar dari mioma uteri apa?

  5. nita said,

    salam, saya ibu rumah tangga yg bekerja usia 38 th. Des’06 diketahui ada mium dg uk.D + :31,3mm lalu ktk kontrol di bl Jul’08 mium tsb ukurannya D+ : 5,1 cm dan ada satu lg di uterus uk.D+ : 5,7 cm. Saya mengalami sakit sblm haid, ktk haid dan 1 minggu stl haid. Tlh 2 dokter kandungan yg sy konsul ttp mrk tdk mau mengambil tindakan operasi dg alasan ktk menopause akan hilang dg sendirinya. Mengapa ya beliau2 itu tdk mau operasi padahal menuju usia menopause sy hrs melewati sekian bulan dr sekian tahun ?

  6. riska said,

    dek kalau kista berlendir obatnya gimana

  7. riska said,

    saya mau tny ttg mium…
    Biasanya mium itu menyerang wanita pada umur beRapa ??
    Pada umur 18 th apaa bisa terSerang juga ??
    GejaLa mium apaa ??
    Mium termasuk penyakit bahaya tdk ??
    Bagaimana cara atasi mium ??
    Apaa itu juga bisa bkin manduL ??

  8. riska said,

    saya mau tny ttg kista
    Biasanya mium itu menyerang wanita pada umur beRapa ??
    Pada umur 23 th apaa bisa terSerang juga ??
    GejaLa kista apaa ??
    kista termasuk penyakit bahaya tdk ??
    Bagaimana cara atasi kista ??
    Apaa itu juga bisa bkin manduL ??

  9. riska said,

    saya mau tny ttg kista
    Biasanya kista itu menyerang wanita pada umur beRapa ??
    Pada umur 23 th apaa bisa terSerang juga ??
    GejaLa kista apaa ??
    kista termasuk penyakit bahaya tdk ??
    Bagaimana cara atasi kista ??
    Apaa itu juga bisa bkin manduL ??
    Reply

  10. bu sonya.
    makasi buat artikelnya. bgs sekali :)
    umur saya 17tahun. tapi siklus mens sayah tidak teratur.
    kadang ada kadang tidak. kalo sayah mens juga sering terasa sakit. kenapa ya bu?
    apa yang harus saya lakukan?
    makasi

  11. ehh salah. pa edwin. hehe

  12. sinta said,

    Artikel yg bagus skali, tapi saya masih belum paham apakah ada hubungannya mium dan pembesaran rahim, karena mmenurut dokter saya mengalami pembesaran rahim, dari ukuran rahim normal 7 dan ukuran rahim saya 10, pada waktu konsul dgn dokter (saya sdg program untuk mempunyai anak lagi) jalan satu2nya adalah diet kolesterol, mungkin bisa mnta tolong djelaskan, trmksh…

  13. valinka said,

    saya, mau nanya kenapa perut terasa panas seperti ada mint didalam

  14. valinka said,

    masalah haid saya teratur.
    saya juga mau menanyakan di penjelasan mengenai gejala mioma ato kista diperut ada benjolan. benjolan seperti apa ? maksud saya 1 aja ato banyak benjolan.
    terima kasih

  15. any said,

    makasih artikelnya…. nambah pengetahuan neh…. terus mungkin gak abrsi bisa menyebabkan mium atau kista atau mungkin kanker….

  16. risty said,

    maaf mw tnnya sya pernah d papsmir hsilnya sel”nya mulai rusak,,trus sya brobat altenatig ktanya mium udh mulai tebal..kira” bsa smbuh g y?
    trus sya bsa hamil g?
    d tunggu jwn’x trmakasih…

  17. ratna said,

    Saya berusia 26 tahun…. Siklus bulanan saya teratur meski nyeri biasanya hanya 8-9 hari. Tp bulan ini haid saya sudah 12 hari dan bertambah banyak…. kira2 saya menderita salah satu penyakit itu tdk?…..
    Saya takut unt memeriksakaannya…….
    Sy tgg jawabannya keemail saya ratnawati04@yahoo.com

  18. Christy said,

    Saya berusia 28thn, haid saya tidak teratur udah sktar 3thnan, dan -/+ 5bln terakhir saya tidak haid, klo haid perut saya sakit, dan dlm keadaan normal, saya mudah capek,gampang skali kembung trus perut saya juga membesar seperti orang hamil 3bulan. Yg jd pertanyaan saya, apakah ada indikasi saya kena miom, kista ataupun penyakit rahim lainnya?? Apa yg harus saya lakukan? Mohon penjelasannya ya. Trimakasih

  19. saya berusia 35thn,skrg saya kena penyakit endometriosis,selain operasi apakah ada cara lain untuk mengubati penyakit tersebut??mohon penjelasaannya.terimakasih

  20. saya mau tanya, salah satu ciri mioma itu darah haid yg menggumpal bukan?

  21. imelda said,

    saya berusia 25thn dan 1 ank,saya mengidap kista dan miom yg ingin saya tanyakan.apakah saya bisa hamil lagi?apakah sewaktu melahirkan miom dan kista saya bisa d angkat?terima kasi

  22. teana said,

    saya berusia 27 tahun, awal saya menikah ada benjolan yang tiba2 muncul dan kalau duduk sakit, kemudian saya kedokter dia bilang kista bartolin kemudian saya diberi resep dan beberapa kemudian sembuh,akan tetapi muncul kembali dan diobati sembuh dan setelah hampir setahun lebih baik, tiba2 muncul baru2 ini hal yang sama akhirnya dr.yang sama bilang dioperasi kecil kistanya. dia bilah hasil diagnosa lab.katanya penmyebabnya karena kuman atau bakteri dan terjadi penyumbatan dikelenjar vagina.saya jg bingung padahal saya berusaha hidup bersih tp msh aja kena. bia bantu saya teman-teman? thanx.

  23. cintami said,

    Mw ty donk… Kalo gejalanya emank ga trlalu kliatan , perut emank buncit tp bukan lemak…
    Ibu2 umur 50an trus pernah operasi pengangkatan rahim waktu umur 30an….
    Tp pas kemaren BAB nya darah, dan waktu di USG itu kata dokternya itu kista tp lum jelas kista jenis apa dah mesti diangkat/operasi….
    Menurut Anda ini trmasuk kista apa ya ? Tlg donk dikasih pencerahan…thanks

  24. basoro said,

    sya mau tanya apakah darah haid yang keluarnya cuman ngeflek aja itu tanda2nya miom/kista?? karena beberapa bulan ini haid saya cuman ngeflek aja,trma kasih

  25. izza said,

    ehm…iya2. eh klo keputihan tiap hari tak berbau tak berwarna,itu kenapa ya?

  26. Umroh said,

    Kalau pembesaran rahim nama ilmu kedokterannya apa?

  27. mutie said,

    Berapa ukuran ketebalan endometriosis yg dianggap normal?

  28. Yulianty said,

    Saya berusia 37 thn, setelah melahirkan anak ke’2 pd bulan pebruari 2007, beberapa bulan kemudian bagian perut sebelah kiri terasa nyeri, sy ke’dokter dan di USG, menurut dokter ada kista se’ukuran telur ayam, pd thn 2008 sy hamil anak ke’3, dan melakukan USG ke’dokter, tapi saat di USG kata dokter kista’nya sudah tidak ada, tetapi pd saat haid darah yg keluar cukup banyak dan nyeri sekali, apakah hal tsb dpt menyebabkan kista’nya berkembang lagi menjadi mium atau kanker ovarium ? Trima ksh.

  29. abi zaky said,

    salamkenal.
    sekarang istriku sedang hamil 8 bulan tapi terdapat mium.
    mau tanya.apakah akn mengganggu saa proses persalinan

  30. Ai Dewi Ningrum said,

    saya seorang ibu berusia 42 tahun, tahun kemaren di usg ternyata ada mium. tapi ngak terasa apa-apa. dan taun ini di usg lagi ternyata ngak membesar tetap aja katanya sih udah 7 cm. saya takut untuk operasi. gimana yah kalo ngak di operasi apa ngak berbahaya?

  31. wahyuni umur 45 th said,

    syalom Dok, saya penderita kista dan mium tapi th 2008 kista saya yg kanan dioperasi dan th ini januari kemarin saya operasi lagi utk kista yg kiri dan angkat rahim dan ygy menjadi pertanyaan saya setelah operasi perut saya semakin membesar ya Dok dan sering susah bernafar gmn baiknya dan tx


Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

